Monday, August 3, 2009

Fobia Rambut Rontok

Kehilangan rambut mungkin menjadi sesuatu yang sangat ditakutkan oleh laki-laki dibandingkan sesuatu yang lain dalam hidupnya. Batas tumbuh rambut yang semakin ke belakang atau datangnya kebotakan dapat memunculkan efek dramatis pada kepercayaan diri laki-laki.

Apa yang terjadi?

Rambut akan mulai menghilang dari pelipis dan mahkota kepala sewaktu-waktu. Pada beberapa orang proses ini bisa lebih cepat terjadi, yakni lebih awal dari masa-masa remaja. Tapi, kebanyakan terjadi pada usia antara 20 sampai 30 tahun.

Sedikit penjarangan mungkin akan terjadi, namun tak kentara, yang kemudian diikuti oleh rontok atau hilangnya rambut bebarengan dengan kulit kepala yang mengelupas yang nampak sangat jelas.

Beberapa laki-laki tak bermasalah dengan proses ini sama sekali. Sementara yang lain, bagaimanapun, terserang kesedihan emosional yang luar biasa yang berhubungan dengan berkurangnya kepercayaan diri dan bahkan depresi.

Mengapa ini terjadi?

Pada pola kebotakan laki-laki, yang akan cenderung diwariskan, rambut biasanya hilang pada area pelipis dan mahkota kepala. Hal ini terjadi karena satu ekses kimiawi yang disebut hidrotestosteron (DHT), yang menyebabkan kantung rambut semakin menipis dan menipis sampai hilang sama sekali.

Sebab lain dari kehilangan rambut termasuk:

- kekurangan zat besi dan vitamin D ataupun anemia

- kelenjar tiroid yang tak aktif

- infeksi kulit kepala

- akibat resep obat

- stres

Bisakah itu dihentikan?

Jika terjadi karena sebab yang bisa berubah, maka hal itu juga bisa diatasi. Semisal karena disebabkan anemia, maka itu bisa diatasi dengan mengisi atau memenuhi zat besi dalam tubuh.

Banyak upaya dilakukan untuk memperlambat dan bahkan mengatasi terjadinya proses kehilangan rambut ini. Sebagian sukses, sebagian lagi gagal. Namun, banyak laki-laki yang menemukan rambutnya hilang semakin lambat atau terhenti karena alasan yang tak jelas pada usia tertentu.

Haruskah konsultasi pada dokter?

Sungguh ide yang bagus untuk meyakinkan bahwa penyakit ini tak bertanggung jawab, khususnya jika rambut itu hilang sebagian dari pada pola umum yang terjadi pada kebotakan laki-laki. Bahkan, jika kehilangan rambut ini diikuti oleh gejala-gejala yang lain seperti kecapaian, maka tes tekanan darah sangat diperlukan.

Usaha-usaha yang bisa dilakukan:

- Memakai wig dan transplantasi rambut merupakan upaya utama untuk mengatasi ini. Gaya rambut yang sedikit berbeda dapat menghasilkan penampilan yang menarik, seakan kita punya rambut yang lebat.

- memakai sesuatu yang herbal yang mengandung zinc, magnesium, zat besi, vitamin E dan beberapa bahan yang lain dan dapat membantu.

- memakai lotion minoxidil yang sesuai dengan rekomendasi farmasi yang digosokkan pada kulit kepala beserta rambutnya. Itu akan memperlambat kehilangan rambut dan dapat menumbuhkan rambut baru.

No comments:

Post a Comment