Tuesday, August 4, 2009

Rambut Rontok Kenapa Terjadi

Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin tidak langsung merugikan pada sistem tubuh atau organ, tetapi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Salah satu contohnya adalah masalah rambut, yang rontok.

Rambut yang rontok sama sekali tidak membahayakan organ tubuh, tetapi mungkin akan menyakiti perasaan dan mungkin memiliki efek pada penampilan, kecantikan dan kepribadian secara keseluruhan.

Rambut rontok dapat terjadi karena berbagai alasan. Pada sebagian orang, rambut rontok bisa terjadi karena stres dan kekhawatiran. Sedangkan pada orang lain, rambut rontok mungkin disebabkan oleh kekurangan hormon. Rambut rontok bisa juga karena faktor turunan, di mana perhatian khusus diperlukan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut rontok.

Jangan menyisir rambut Anda ketika basah. Hal ini disebabkan karena saat rambut basah, akar rambut sedikit melemah untuk sementara waktu. Menyisir rambut dalam keadaan ini akan dapat menyebabkan rambut semakin rontok, karenanya harus dihindari. Selain itu, saat menyisir rambut, jangan menggunakan sisir yang bergigi terlalu tajam dan terlalu rapat.

Melakukan Yoga. Yoga dikatakan teknik yang dapat membantu dalam mencegah kerontokan rambut. Namun, untuk melihat hasilnya, Anda harus melakukan yoga secara teratur.

Makan Sayuran. Makan sayuran hijau dan buah-buahan segar dapat membantu dalam memberikan gizi yang diperlukan untuk rambut. Seperti vitamin dan mineral yang membantu menghentikan kerontokan rambut lebih lanjut.

Melakukan Massage. Memijat kepala menggunakan obat, gel, krim atau minyak baik untuk mencegah kerugian lebih lanjut pada rambut. Tumbuhan ayurvedic seperti minyak minyak amla, minyak bhringraj, minyak baadam, baik untuk pijat di kepala bila digunakan secara teratur. Hal ini akan membantu dalam memberi gizi pada rambut dan memijat akar rambut juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Tidak banyak yang bisa dilakukan bila masalah kerontokan rambut karena faktor turunan. Kromosom yang bertanggung jawab atas kepala gundul pada laki-laki terletak di kromosom X.

Oleh karena itu laki-laki lebih mudah untuk menjadi gundul dibandingkan dengan perempuan. Bila ditanya tentang kelainan gen, sulit untuk mencegah kerontokan rambut, tetapi sekarang ini dapat dirawat dengan bantuan teknik modern seperti transplantasi rambut.

Namun sekali lagi, untuk pencegahan, tidak ada obat modern yang hasilnya menjanjikan. Dan itulah sebabnya, setiap orang harus berhati-hati dalam memelihara rambut dengan benar.

No comments:

Post a Comment